Rabu, 24 September 2014

Memahami Orang dan Kodrat Manusia



Langkah pertama untuk meningkatkan keterampilan anda dalam berhubungan dengan orang (relasi manusia yang berhasil) adalah memahami orang dan kodrat manusia dengan tepat.
Bila anda mempunyai pemahaman yang tepat mengenai orang dan kodrat manusia – bila anda tahu mengapa orang melakukan hal-hal yang mereka lakukan – bila anda tahu mengapa dan bagaimana orang akan bereaksi di bawah kondisi tertentu – maka anda menjadi manajer yang terampil.
Memahami orang dan kodrat manusia hanyalah soal mengenali dan mengakui orang sebagaimana mereka adanya – bukan apa yang anda kira/pikirkan tentang mereka, dan bukan anda menginginkan mereka menjadi apa.
ORANG TERUTAMA TERTARIK PADA DIRI MEREKA SENDIRI, BUKAN PADA ANDA!
Dengan kata lain – orang lain itu sepuluh ribu kali lebih tertarik pada dirinya sendiri daripada tertarik pada anda.
 Dan sebaliknya! Anda lebih tertarik pada diri anda sendiri daripada anda tertarik pada orang lain manapun di dunia ini.
Ingatlah bahwa tindakan manusia diatur oleh pikirannya sendiri, kepentingan dirinya – sifat ini sangat kuat dalam diri manusia sehingga pikiran yang menonjol dalam kasih sayang adalah kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh si pemberi dengan memberi, bukan dengan menerima.
Anda tidak perlu meminta maaf atau menjadi malu karena mengetahui bahwa kodrat manusia adalah mementingkan dirinya sendiri – sejak awal memang demikian dan akan tetap demikian sampai akhir zaman karena manusia ditempatkan di bumi ini dengan kodrat itu. Kita semua serupa dalam hal ini.
Pengetahuan ini, bahwa orang terutama tertarik pada diri mereka sendiri, memberi dasar yang kokoh bagi anda untuk berhubungan dengan orang.
Pengetahuan ini juga memberi anda kekuatan dan keterampilan dalam hubungan anda dengan orang lain. Dalam bab-bab berikut ini, anda akan melihat berapa banyak teknik yang berasal dari pemahaman ini.
Jadi sesungguhnya ini adalah kunci kehidupan bagi anda untuk menyadari bahwa orang terutama tertarik pada diri mereka sendiri dan bukan pada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar